sukses SOCA & OSCE

foto poster ini pernah gue dijadiin ava twit --> salah satu cara
membuat sugesti bahwa gue bakal sukses di SOCA & OSCE ^^
        Halo halooooooooooooooooo :D hehehe
        Gue lagi seneng guys ^^ soalnya gue lulus SOCA & OSCE \m/ yeaaahh. Udah pada tau belum SOCA OSCE tuh apaan??!! Itu bukan makanan lo, bukan mainan juga, dan yang pasti itu engga menyenangkan, hahaha. Yaudah karena gue liat kalian pada bengong baca tulisan gue yang artinya kalian  belum tau dan karna gue baik, jadi gue ceritain dulu nih :p hahaha
        Jadiiii.... SOCA itu singkatan dari Student Oral Case Analyze. Itu suatu ujian buat mahasiswa kedokteran dengan cara kita dikasih suatu pemicu/ kasus. Nah setelah itu kita punya waktu 30 menit untuk buat peta konsep atau alur pikir kita tentang masalah itu. Konsep map-nya itu harus mencakup tentang semua hal di kasus, termasuk anatomi, histologi, fisiologi, dan biokim kalo bisa, itu buat yang kasus fisiologi normal kayak gue yang tahun pertama ini. Terus kalo pemicunya patogenesis berarti kita juga harus bisa nulisin diagnosis dari pemicu tuh apa sih, deferent diagnosis juga harus ada, mekanisme patogenesisnya,  symptom yang lain, dan harus bisa nyebutin preventif, dan kuratif dari diagnosis itu. Kuratifnya itu termasuk nulisin resep obat apa yang cocok -__- hmm.. ribet banget kan?!! Belum berhenti disitu penderitaan kita. Abis tuh selesai 30 menit awal, kita bakal denger bunyi bel yang menandakan 30 menit berikutnya untuk kita pindah ruangan bersama dokter penguji T_T ngga nangis gimana coba??!!! Di dalem ruangan cuma ada kita dan dokter :D ciyeeee, so sweet.. bukan >.< itu serem bro.. kita dikasih waktu 15 menit presentasi dan 15 menit berikutnya diskusi >o< #!%@^%*& bla bla blaaa.. kalo ngga sampe 15 menit kita presentasi, yaudah langsung lanjut ke diskusi yang sereeemmm banget. Dokter bakal tanya ini itu semau dia, semau dia, dan semau dia. Kalo ngga bisa gimana?? :( yaudah mati aja lo di dalem  :D hahaha.. tapi beneran deh, serem. Kalo lo dapet penguji baik sih gapapa, kalo killer gimana?!! Matilahhh... hahaha

         Yaudah daripada pusing sama SOCA kita move on ke yang namanya OSCE yang sebenernya ga kalah bikin pusing +_+"

        OSCE..... hmmmm -__- gue sambil curhat dikit dulu ya.. Jadi awalnya, gue mikir kalo OSCE itu bakal gampang buat dijalanin. Kenapa gue mikir gitu? Karena OSCE itu adalah ujian yang nguji keterampilan klinik kita sebagai mahasiswa kedokteran yang sebelumnya udah diajarin di jam KKD (Keterampilan Klinik Dasar). Namanya juga Objective Structured Clinical Examination, jadi emang tujuan dari OSCE ini adalah melihat seberapa jauh kita dapat melakukan tindakan dalam praktek klinik kedokteran berdasarkan kasus yang dikasih. Nah kalo OSCE yang kemarin gue  itu masih belum OSCE komprehensif atau yang campuran gitu. Tapi gue ngerasa ini udh susah broo.. grogi lo bakal bisa ngalahin semua materi yang udah lo kuasain. Itu pengalaman gue -__- Jadi OSCE ini bakal diujikan juga sebagai syarat kelulusan jadi dokter loo, namanya OSCE UKDI dan itu tingkat nasional. Agak huft gitu yaaa =__= sabar ya medical student... tetep semangat jadi dokternya ^^

       "Gue sugestiin di dalem pikiran gue kalo gue lulus SOCA & OSCE dan hasilnya gue lulus keduanya ^^."

        Nah cerita dikit udah, bergalau dikit udah, sekarang waktunya bagi hadiahhh :D wuuu.. ENGGA! bohong. Jadi sekarang ke inti judul gue lah :D  gue mau bagi kebahagiaan aja ama kalian ^^ di akhir tahun I gue jadi mahasiswa kedokteran, gue lulus SOCA & OSCE :D yeeeee.. batas lulus OSCE tuh jadi tidak lulus stase sebnyak kurang dari 4. Jadi ntar yang ngga lulus 1, 2, atau 3 stase itu masih dinyatakan lulus (dengan syarat hanya mengulang stase itu aja). Nah kalo yang lebih dari 3 dinyatakan harus mengikuti remidial dengan mengulang semua stase :( sedih ngga sih.. Pas kemarin, gue ada 17 stase guys.. dan gue cuma harus ngulang 2 stase ^^ alhamdulillah... Kalo yang SOCA, gue beruntung deh kayaknya. Gimana engga? Gue dapet pemicu soal imunisasi BCG yanggggg gue ngga pelajarin di malem-malem sebelum kedatangannya SOCA ini :( nyesek gitu.. Alhasil gue buka semua laci memori gue  di otak nih, gue cari tentang BCG dan ketemu dikit. Yahhh, jadi deh peta konsep yang hahaha :D so cuteeee ^^. Jadi karna kasus gue tentang imunisasi, jelas donk gue bahas tentang sistem imun tubuh. Mana itu materi susahh banget, ribet, dann suerr gue ngga belajar soal itu karna feeling gue.. ahhh, pasti dapet pemicu tentang gastro nih :D, kardio nih :D, respi nih :D, genito nih :D, dan lainnya yang nih nih nih bukan imunn T_T tapi yah hasilnya gue lulus dengan pembantaian oleh dr. Nurul hahaha :D gue syukurin aja lah ya ^o^ hahaha. So, kalo lo mahasiswa kedokteran mending siapin dari awal deh buat 2 ujian yang super duper bikin puyeng nan mules ini. Biar lulus ujian dan cepet libur :D karna kan ini ujian biasanya tiap akhir semester atau tiap akhir tahun (tergantung kebijakan kampus lo) jadi kalo lo bisa langsung lulus... yaaaaa, alhasil lo langsung liburan tanpa harus melewati minggu remidial =) gimana? tertarik? Yuk belajar ^^

Komentar

Popular posts